Minggu, 08 Februari 2015

Keselamatan Kerja Di Area Pesawat

pesawat-terbang
struktur pesawat terbang
Semua pekerjaan di manapun dan kapan pun selalu mengandung resiko yang bermacam-macam jenisnya. Tak ketinggalan pula dalam dunia penerbangan yang berkaitan erat dengan pesawat terbang, maka terdapat juga resiko.
 
Sebagaimana petugas ground handling, mekanik ataupun enginer yang bekerja dan beraktifitas di area parkiran pesawat terbang maka resiko paling kecil mungkin adalah berkurangnya daya tangkap pendengarnya seiring berjalannya waktu mereka terus bekerja di daerah dengan kebisingan mesin yang sangat tinggi. Maka dianjurkan bagi mereka untuk memakai ear-plug sehingga kebisingan dapat sedikit dikurangi. ( alamat lion air jakarta )

Mereka yang bekerja di dekat mesin pesawat juga berpotensi terkena semburan gas maupun berpotensi tersedor oleh hisapan engine pesawat. Ini sebagaimana dulu juga pernah dialami oleh karyawan sebuah perusahaan penerbangan yang harus rela kehilangan sebagian kulit wajahnya karena tersedot hisapan mesin pesawat 737-200. Bahkan beritanya sampai saat ini orang tersebut masih hidup. (cn235 dari bandung)

Ada lagi contoh kejadian memilukan di bandara luar jawa di mana ada seorang petugas ground handling terkena baling-baling pesawat saat tengah diputar dikarenakan kurang konsentrasi atau waspada. Akibatnya pada bagian kepala menderita cidera serius sehingga mesti menjalani rawat inap di rumah sakit.

Guna menghindari kecelakaan dalam bekerja maka di dalam sebuah perusahaan penerbangan umumnya mengadakan training berkaitan tentang keamanan (safety) dan human factor. Mereka sangat dianjurkan mengikuti training ini bahkan mungkin sampai diwajibkan. ( berani bersikap jujur )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar